Laman

4/16/2010

Tombol menu errors...??

Banyak kita sering jumpai pada TV,COMPO,dll tombol menunya sering ngaco,kita tekan volume+ jadinya program+,atau sebaliknya kita tekan tombol MENU jadinya AV....kalo pada compo:kita tekan tombol PLAY jadinya OPEN,dll...kenapa bisa begitu???
Itu semua disebabkan karena switch push on yg terdapat didlmnya sudah pada rusak/kotor
atau karena jarang dipakai tombol manualnya alias sering pakai remote,maka switch tersebut menjadi kotor dan akhirnya rusak. Pada switch push on itu,didalamnya ada dua lempengan logam kecil yang kalo ditekan maka akan beradu sehingga menjadi on,maka dari itu dinamakan switch push on.
karena lempengan logam itu sering berkarat atau menjadi hitam maka kadang2 suka beradu (on) tetapi tidak normal..jadi tidaklah heran kalo tv kita suka pindah chanel sendiri atau volumenya suka besar sendiri....
Solusinya gantilah switch tersebut dengan yang baru,kalo bisa semua tombol menu di tv atau compo anda diganti semua....harga switchnya kisaran Rp 1000,-jadi kalo ditombol tv ada lima yah jadi RP 5000,-
Jadi kita cari yg murah dulu dalam memperbaiki alat elektronik kita,kalo memang msh error barulah kita cari IC programnya....tapi hampir 80% kalo switch kita ganti baru maka akan normal kembali. selamat berexperimen....

4 komentar:

  1. wah... makasih banyak atas blognya.

    lcd-tv saya juga ngalamin hal seperti ini...
    loncat2 sendiri ke tv - av1 / av2 dan volumenya juga naek sendiri ampe full 100.

    sayangnya saya baca terlambat, skrg LCDTV udah lagi di tempat service utk diperbaiki...., mdh2an tkg.reparasinya itu gak neko2 / aneh2 dlm mengatakan hal sebenarnya pd kerusakan ... :) (soalnya bukan service resmi SONY sih...)

    mas, kalo kerusakan pd IC program -
    mahal gak sih harga sparepartnya ?

    soalnya tkg.servis waktu saya kasih tau
    permasalahan, sdh bilang bhw dia menduga kerusakan pada IC program.
    (tentu dia tdk menyebut kemungkinan pertama,
    yaitu kerusakan pada switch...he-he-he).

    makasih sekali lagi,
    infonya sangat berguna dan bermanfaar.

    salam.

    BalasHapus
  2. Ic program mahal tidaknya tergantung dari tipe ic tersebut.kalau mau lebih jelas tanya dulu apa tipe ic programnya,kemudian cek/telp langsung ke merk tersebut.Misalnya merk Sony,tanya type ic programnya dan lsg tanya ke Sonynya bagian spareparts,berapa harganya?..thx

    BalasHapus
  3. Seperti apa barangnya switch itu

    BalasHapus