Laman

9/09/2009

Kerusakan Motherboard pada electrolit condensator(ELCO).

Pada topik ini saya membahas masalah motherboard yang kerusakannya akibat dari Elco(electrolit condensator).Disetiap motherboard itu kerusakan sering terjadi pada elco yang bocor atau tdk berfungsi lagi.Pada umumnya elco tersebut letaknya berada diantara socket procesor dan socket memori(RAM),dan sering mengalami kerusakan seperti : motherboard tetap menyala sewaktu kita nyalakan(push on) tetapi tidak ada respon apapun.biasanya karena motherboard tidak membaca procesor dengan baik.karena power suply untuk processor tidak mencukupi dikarenakan elco-elco yg berhubungan tdk bekerja dengan baik(Bocor).kalau dilihat dengan fisiknya tampak diatas elco tersebut banyak yang melendung atau membengkak,itu berarti menandakan bahwa elco tersebut sdh tdk layak dipakai lagi(bocor).
Biasanya elco tersebut bernilai kisaran antara 1000/10v sampai dengan 2200/10v,maka elco-elco tersebut hrs diganti agar motherboard akan normal kembali,dan umumnya elco yg rusak lebih dari satu.jadi anda hrs benar-benar memeriksa dengan teliti,dan anda harus ingat untuk pemasangan elco kakinya jangan terbalik positif dan negatif nya,karena bisa beresiko sgt besar.
Selain itu ada kerusakan bahwa motherboard selalu minta memori(ram) yg ditandai bunyi dr speaker buzz nya pada motherboard.Itu juga bisa di lihat dari elco-elco yang berada dekat slot memorinya,apakah ada yang melendung secara fisiknya atau anda juga bisa membersihkan socket memorinya.Biasanya setelah elco-elco yang bocor tersebut di ganti pd umumnya motherboard akan normal kembali dan tidak minta memori(RAM) lagi,kecuali memori(RAM) yg anda gunakan juga rusak.
Kerusakan yang dibahas diatas tersebut hanya pada kerusakan elco,jadi kerusakan-kerusakan yang lainnya akan dibahas pada topik berikutnya....Terima kasih.

3 komentar:

  1. ini dia ilmu buat teknisi baru yang sangat membantu trims yaa. cepat dong postingan yang terbarunya tentang motherboard

    BalasHapus
  2. thanks for infonya gan JBU...

    BalasHapus
  3. nih baru ilmu...mantab gan

    BalasHapus